Tuesday, December 27, 2011

Tak Ada Penyesalan, yang Ada hanyalah Intropeksi Diri

    
 setiap orang pasti pernah melakukan suatu kesalahan. seorang Nabi saja yang telah di jamin dirinya suci dari dosa-dosa pernah berbuat salah. apalagi seorang manusia biasa seperti kita. namun kebanyakan orang menganggap berbuat salah itu adalah suatu hal yang sangat biasa. itu merupakan tanggapan yang sangat keliru.ketika hal itu telah menjadi mainset dalam otak kita, maka segala kesalahan kita di anggapan suatu hal yang biasa dan akibatnya berbuat salah menjadi kebiasaan kita. memang benar kita sebagai manusia wajar jika berbuat salah, namun kita juga harus selalu berusaha untuk menghindarkan diri kita dari hal-hal yang dapat merugikan diri kita dan orang lain.
        kebanyakan orang menyesali terhadap kesalahan yang telah mereka perbuat, ya, memang itu adalah sebuah keharusan, karena dengan penyesalan kita bisa mengakui diri kita telah berbuat yang tidak sesuai. namun, yang paling disayangkan adalah ketika kita telah menyesali perbuatan kita, kita hanya menyesali tanpa evaluasi dan membiarkan hal itu berlalu begitu saja, sehingga suatu saat kita akan melakukan hal yang sama.
         maka dari itu, kewajiban kita sebagai muslim yang baik, setelah menyadari kesalahan kita, hendaklah untuk memohon ampun kepada Allah, dan meminta maaf kepada orang yang telah kita dzolimi, setelah itu, rubahlah pandangan kita bahwa penyesalan itu tidak ada, yang ada hanyalah intropeksi diri dan evaluasi diri, renuangkanlah kesalahan yang telah kita perbuat. buatlah tekad untuk tidak akan pernah melakukan kesalahan yang sama. penyesalan tak akan ada gunanya jika ia tak dibarengi dengan perbaikan diri, lebih baik gantilah waktu menyesal kita, dengan intropeksi diri kita sekarang. mudah-mudahan itu bisa membuat diri kita lebih baik dari sebelumnya.


26 Desember '11 2:24 pm
semoga aku bisa menjadi orang yang lebih baik :)

0 comments:

Post a Comment